Selasa, 23 Agustus 2011

PB IKA PMII: Produk UU Cenderung Pro Kapitalis

Kudus, NU Online. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Keluarga Alumni (PB IKA) PMII H Arief Mudatsir Mandan menilai produk Undang-Undang (UU) yang dihasilkan pemerintah masih cenderung pro pemodal dan kapitalis. Akibatnya rakyat sering menjadi korban produk hukum tersebut.

Undang-Undang investasi semacam UU Air, tembakau maupun buruh itu pro pemodal sehingga menimbulkan permasalahan yang berakhir pada demo anarkis maupun gugatan ke Mahkamah konstitusi, katanya dalam acara halaqah keagamaan STAIN Kudus, Selasa (7/5) lalu.

PB IKA PMII: Produk UU Cenderung Pro Kapitalis (Sumber Gambar : Nu Online)
PB IKA PMII: Produk UU Cenderung Pro Kapitalis (Sumber Gambar : Nu Online)


PB IKA PMII: Produk UU Cenderung Pro Kapitalis

Arief mengatakan lahirnya produk hukum pro kapitalis ini tidak terlepas dari dampak proses liberalisasi yang berkembang pada bangsa ini. Liberalisasi menjadikan kaum pemodal atau kapitalis sangat kuat dalam mengintervensi terhadap penentuan kebijakan (UU).

Begitu pula kontrol pemerintah melalui legislatif sangat lemah sehingga kapitalis bisa mempengaruhi semua aspek, ujarnya.

NU Online

Akibat dari kontrol yang lemah, tandas dia, proses liberalisasi mengakibatkan masyarakat terperangkap pada ideologi baru yakni pragmatisme dan hedonisme. Hal ini disebabkan tidak adanya tauladan kepemimpinan yang diatas sehingga seluruh proses politik dihitung dengan cost (uang).

Lahirnya liberalisasi, menurut politisi PPP ini, akibat dari proses reformasi melahirkan demokrasi dengan arus keterbukaan dan kebebasan tanpa didukung persiapan sosial yang matang.

NU Online

Bahkan kebebasan demokratisasi ini juga melahirkan proses keagamaan yang mengarah pada gerakan Islam liberal, imbuhnya.

Ditambahkan, produk politik dalam negara demokrasi menjadi sangat penting yang salah satu upayanya harus melalui partai politik.

Oleh karenanya, Saya berharap orang-orang baik jebolan pesantren sebagian ada yang masuk partai politik dan menguasai jagat perpolitikan sehingga nantinya mampu menghasilkan produk politik yang baik, harapnya.

Redaktur : Mukafi Niam

Kontributor : Qomarul Adib

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/44351/pb-ika-pmii-produk-uu-cenderung-pro-kapitalis

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock