Sabtu, 04 Februari 2006

IPNU-IPPNU Kudus Gelar Visitasi Administrasi ke 9 Anak Cabang

Kudus, NU OnlinePimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPNU-IPPNU) Kabupaten Kudus Jawa Tengah mengadakan visitasi administrasi kepada sembilan pimpinan anak cabang (PAC) di daerah setempat. Tim Visitasi melakukan pembinaan dan penilaian administrasi ke kantor sekretariat PAC IPNU-IPPNU se-Kudus secara bergantian.

Sekretaris PC IPNU Kudus Nila Chusnia menjelaskan kegiatan visitasi ini sebagai bentuk lomba administrasi yang menjadi satu rangkaian kegiatan Porseni dan olympiade pelajar IPNU-IPPNU yang berlangsung Sabtu-Ahad (23-24/7). Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui langsung kondisi organisasi secara administratif di masing-masing PAC.

IPNU-IPPNU Kudus Gelar Visitasi Administrasi ke 9 Anak Cabang (Sumber Gambar : Nu Online)
IPNU-IPPNU Kudus Gelar Visitasi Administrasi ke 9 Anak Cabang (Sumber Gambar : Nu Online)


IPNU-IPPNU Kudus Gelar Visitasi Administrasi ke 9 Anak Cabang

"Selain mengefektifkan waktu dan biaya bagi PAC, Tim Visitasi bisa berdialog langsung dengan sekretaris dan pengurus lain terkait surat menyurat, kondisi dan potensi Pimpinan ranting/komisariat sehingga PC bisa memberikan pembinaan masukan yang benar,"katanya kepada NU Online, Sabtu (23/7).

NU Online

Dalam kunjungan selama sepekan (16-22/7) kemarin ini, tim dari PC IPNU-IPPNU Kudus menggunakan kriteria penilaian kesesuaian administrasi dengaan Peraturan Organisasi dan Peraturan Administrasi (POPA) IPNU-IPPNU, kelengkapan organisasi dan penampilan kerapiaan penataan kantor, pengarsipan surat, dan teknis surat-menyurat.

"Organisasi yang baik dapat dilihat dari administrasinya. Administrasi yang baik adalah yang sesuai peraturan organisasi dan administrasi," imbuh Nila.

Nila mengutarakan kondisi administrasi sembilan PAC se-Kudus sudah baik sesuai aturan organisasi. Namun, beberapa di antaranya perlu ditingkatkan kembali pada masalah pengarsipan surat-surat.

NU Online

"Surat-surat adalah saksi sejarah perjalanan PAC dalam mengemban amanah selama satu periode. Jadi pengarsipannya harus tertata baik dan rapi," katanya.

Ia mengharapkan IPNU-IPPNU pada semua tingkatan mulai pimpinan ranting, komisariat, anak cabang, dan cabang selalu berusaha meningkatkan tertib administrasi. Menurutnya, makna administrasi lebih dari sebatas surat-menyurat melainkan juga perihal melayani.

"Jika pelayan organisasi baik, maka baik pula organisasi tersebut," tegasnya.

Di samping visitasi admnistrasi, PC IPNU-IPPNU Kudus juga menggelar kegiatan olimpiade khusus bagi pelajar MA/SMK yang berlanagsung di kompleks kampus STAIN Kudus (23/7). Kegiatan ini menyajikan Lomba Cerdas Cermat, Baca dan Cipta Puisi, Pidato Bahasa Arab/Jawa, English Debate, Kaligrafi, Majalah Dinding, dan Pembuatan Film Pendek.

Sedangkan Pekan Olaraga dan Seni (Porseni) yang diikuti utusan 9 PAC se-Kudus antara lain lomba Protokoler dan Simulasi Pelantikan, Futsal, Peraturan Baris-Berbaris, MTQ, Rebana, Badminton, Teater, Paduan Suara dan Lomba Administrasi. (Qomarul Adib/Mahbib)

Dari (Daerah) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/69934/ipnu-ippnu-kudus-gelar-visitasi-administrasi-ke-9-anak-cabang

NU Online

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock