Kamis, 20 Juli 2006

Watak Manusia seperti Gelas

Cirebon, NU Online. Pengasuh Pondok Pesantren Annur, Kedung Banteng, Purwokerto, KH Ridwan Sururi menyatakan watak manusia seperti wataknya gelas. Hal ini ia sampaikans saat mengisi pengajian pada puncak acara haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren Cirebon 2017, Sabtu, (15/4/2017).

Artinya manusia (itu)seperti gelas, tutur alumni Buntet Pesantren itu.

Watak Manusia seperti Gelas (Sumber Gambar : Nu Online)
Watak Manusia seperti Gelas (Sumber Gambar : Nu Online)


Watak Manusia seperti Gelas

Kiai Sururi, panggilan akrab KH Ridwan Sururi, menyebutkan bahwa gelas memiliki tiga watak, yakni melumah, tengkurab, dan miring.

NU Online

Gelas itu punya tiga watak, tengkurab; miring; melumah, ujarnya sembari mengilustrasikan dengan tangan kanannya.

NU Online

Watak melumah merupakan watak yang baik karena dapat menerima dengan baik apa yang dituangkan di dalamnya. Artinya, manusia dapat menerima dengan baik apa yang didengar, dibaca, maupun apa yang diperhatikannya.

Kalau artinya manusia melumah, mohon maaf, sama dengan gelas. Diisi apa bae bisa i(si, dilanjutkan hadirin), saged i(si), ujarnya.

Berbeda dengan melumah, dua watak lainnya, yakni miring dan tengkurab tidak bakal bisa menerima dengan baik air yang dituangkan, seberapapun banyaknya.

Tapi jika miring (ataupun) tengkurab, walaupun diisi air seberapa banyak punakan tetap tidak sampai penuh, tegasnya di hadapan ribuan hadirin yang memadati halaman Masjid Agung Buntet Pesantren. (M Syakir Niamillah/Mukafi Niam)

Dari (Daerah) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/77173/watak-manusia-seperti-gelas

NU Online

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock