Rabu, 10 Maret 2010

Bagaimana Jika NU Terima Sumbangan dari Parpol?

Jakarta, NU Online. Bagaimana jika NU menerima sumbangan dari partai politik (parpol) untuk pembangunan sebuah gedung? Pertanyaan tersebut disampaikan salah seorang pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur kepada PBNU, di gedung PBNU, Jakarta, Rabu (1/5).

Sebelumnya, si penanya menjelaskan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di kecamatannya telah membantu pembangunan gedung MWC NU sejak tahun 2004.

Bagaimana Jika NU Terima Sumbangan dari Parpol? (Sumber Gambar : Nu Online)
Bagaimana Jika NU Terima Sumbangan dari Parpol? (Sumber Gambar : Nu Online)


Bagaimana Jika NU Terima Sumbangan dari Parpol?

Bendahara Umum PBNU H Bina Suhendra menjawab pertanyaan itu dengan jelas. Menurutnya, NU boleh menerima sumbangan dari pihak mana pun, termasuk partai politik. Tapi dengan syarat, sumbangan tersebut tidak mengikat, Misalnya, tidak boleh karena sumbangan tersebut, partai meminta sekian suara dalam Pemilu,jelasnya.

NU Online

Tapi, sambung Bina, warga NU boleh, bahkan wajib berpolitik. Tapi sesuai aturan organisasi, pengurus NU tidak boleh merangkap jabatan dengan pengurus harian sebuah partai.

Wakil Sekretaris PBNU Entjeng Shobirin Nadj mengamini apa yang dikatakan Bina Suhendra. Menurutnya, rumusnya sederhana, warga NU ada dimana-mana. Jadi sumbangan dari partai mana pun boleh diterima.

NU Online

Lebih jauh Entjeng mengatakan, bahwa pengurus NU di daerah harus bisa mempertahankan amaliah-amaliah Ahlussunah wal-Jamaah. Hal itu bisa juga dilakukan warga NU yang aktif di parpol melalui parlemen di berbagai tingkatan.

Pertanyaan lain dari salah seorang warga, yaitu susahnya ijazah lulusan pesantren diterima di instansi lain, Apa PBNU ada program ke arah situ, tanyanya.

Miftah Faqih dari Robithah Maahid Islmaiyah (RMI) NU mengatakan, pihaknya telah mengupayakan sistem muaadalah. Dengan sistem itu santri yang belum menguasai satu cabang ilmu di pesantren bisa diupayakan di lembaga lain, Dengan sistem ini, bisa dua tahun lulus,katanya.

Menurut Ketua rombongan MWCNU Pucuk, Freddy Wahyudi (38), kunjungan ke PBNU dikemas dalam ziarah Wali Songo. Ia bersama 50 orang lainnya, berangakat dari Pucuk pada Senin pagi sekitar pukul 05.00, Selepas dari PBNU, kita akan berkunjung ke kantor DPP PKB, kata pengurus DPAC PKB Kecamatan Pucuk ini.

Penulis: Abdullah Alawi

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/44146/bagaimana-jika-nu-terima-sumbangan-dari-parpol

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock