Kamis, 11 Desember 2014

Imam Aziz: Fiqih Mbah Sahal Berorientasi Keadilan

Yogyakarta, NU Online. Ketua PBNU H Imam Aziz mengatakan, Rais Aam PBNU KH Sahal Mahfudh berpandangan, ketika Fiqh tidak berorientasi pada keadilan sosial, maka fiqh harus diganti.

Itu prinsip yang selalu dipegang Kiai Sahal, ujar Imam Aziz yang merupakan santri dari Kiai Sahal.

Imam Aziz: Fiqih Mbah Sahal Berorientasi Keadilan (Sumber Gambar : Nu Online)
Imam Aziz: Fiqih Mbah Sahal Berorientasi Keadilan (Sumber Gambar : Nu Online)


Imam Aziz: Fiqih Mbah Sahal Berorientasi Keadilan

Imam menegaskan hal itu pada tahlil dan diskusi buku Nuansa Fiqh Sosial karya KH Sahal Mahfudh yang digelar anak-anak muda NU yang terdiri dari IPNU-IPPNU DIY, PMII, KMNU dan Gusdurian di aula gedung PWNU DIY lantai II, Jumat malam (31/1).

Imam Aziz juga mengungkapkan bahwa Kiai Sahal sangat konsisten soal keadilan. Itu terlihat dalam karya-karyanya.

NU Online

Sementara itu, Alissa Wahid yang memberikan sambutan sebelum acara mengatakan bahwa, menghormati orang tua, guru kita dan ulama itu lebih penting dari apa pun.

Seandainya kita tidak datang malam itu (ketika Kiai Sahal wafata) wajar ya, karena memang kondisinya hujan. Tapi NU mengajarkan bahwa menghormati orang tua, guru kita dan ulama itu lebih penting dari apa pun, jelasnya.

NU Online

Dimoderatori Ahmad Ghozi, bedah buku diskusi Nuansa Fiqh Sosial pun dimulai. Sebagai pembicara pertama adalah penyunting buku, Hairus Salim. Ia menyatakan bahwa Kiai Sahal adalah termasuk sedikit ulama yang ilmu ashul fiqhnya mumpuni.

Sebagai penyunting buku, Hairus kemudian menceritakan hal ihwal terbitnya buku itu. Sebenarnya, Kiai Sahal tidak pernah menamakan buku ini dengan istilah Fiqh Sosial. Teman-teman dari LkiS-lah yang memberikan istilah itu, katanya.

Pada waktu itu, kata dia, tulisan-tulisan Kiai Sahal banyak tersebar di media massa. Kami pun tertarik untuk membukukannya. Maka kami langsung sowan ke ndalemnya Kiai Sahal untuk meminta izin dan mewawancarai beliau, terangnya. (Rokhim/Abdullah Alawi)

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/49869/imam-aziz-fiqih-mbah-sahal-berorientasi-keadilan

NU Online

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock