Selasa, 05 April 2016

Fatayat NU Siapkan Diri Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Bogor, NU Online. Fatayat NU tengah menyiapkan diri untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dbuka 2015 mendatang. Di samping agenda keorganisasian, persiapan tersebut merupakan agenda utama pada Konferensi Besar (Konbes) 2014 di Bogor, Jawa Barat yang berlangsung Jumat (21-23/11).

Menurut Ketua Umum Pucuk Pimpinan Fatayat NU Ida Fauziyah, untuk menghadapi era itu, sudah dilakukan jauh hari. Sementara pada Konbes ini kali ini adalah memantapkan langkah menyambutnya.

Fatayat NU Siapkan Diri Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (Sumber Gambar : Nu Online)
Fatayat NU Siapkan Diri Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (Sumber Gambar : Nu Online)


Fatayat NU Siapkan Diri Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Ia menyebut, persiapan jauh hari itu adalah membekali para anggota Fatayat dengan berbagai pengembangan kewirausahaan. Kita tekankan setiap anak cabang untuk memiliki usaha produktif, kelompok usaha di tingkat anak cabang, katanya.

Paling tidak, kata dia, kelompok usaha itu bisa memenuhi kebutuhan para anggota Fatayat sendiri, mulai kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan umumnya kaum perempuan, misalnya sederhana.

Di Wonosobo, lanjut dia, memproduksi karika, kripik kentang. Di Tegal mengolah makanan hasil laut dan batik. Di Sulawesi Tengah memproduksi bawang goreng. Di Malang cukup unggul produk UKM-nya. Kita sudah beberapa kali pameran hasil produk mereka, katanya Sabtu (22/11).

NU Online

NU Online

Yang jelas, menurut dia, jangan sampai kebutuhan konsumsi ikan lele misalnya, atau konsumsi masyarakat yang sangat populer di masyarakat itu dipenuhi dari Malaysia, atau Vietnam. Tapi kita harus menyediakannya sendiri.

Ida juga mengakui, kesiapan daerah berbeda karena memang sumber dayannya juga berlainan. Tidak bisa disamakan antara kesiapan di Jawa dengan di luar Jawa. Dalam hal ini Pucuk Pimpinan Fatayat melakukan dorongan dan memfasilitasi mereka.

Menurut Ida, dengan menyiapkan kreativitas Fatayat secara berjenjang dari PP, PW sampai Cabang dan Anak Cabang, kemudian apa pun kondisinya, kita sudah punya ketahanan diri. (Abdullah Alawi)

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/55901/fatayat-nu-siapkan-diri-hadapi-masyarakat-ekonomi-asean

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock