Selasa, 12 Februari 2008

Banser Wajib Berkiprah untuk Masyarakat

Lampung Selatan, NU OnlineBarisan Ansor Serbaguna (Banser) sebagai kader inti Gerakan Pemuda Ansor harus bisa bermanfaat untuk masyarakat. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Lampung, Tatang Sumantri, di Kalianda, Senin (13/6).

"Banser harus mengawal apa yang menjadi program Pemuda Ansor, itu sudah ditetapkan dalam peraturan organisasi. Selain itu, Banser harus memberi manfaat bagi masyarakat, misalnya memiliki satuan tertentu sesuai kondisi dan potensi di masing-masing daerah," paparnya.

Banser Wajib Berkiprah untuk Masyarakat (Sumber Gambar : Nu Online)
Banser Wajib Berkiprah untuk Masyarakat (Sumber Gambar : Nu Online)


Banser Wajib Berkiprah untuk Masyarakat

Ia melanjutkan, dengan kondisi bagaimana pun, Banser harus siap bergerak sesuai instruksi panglima tertinggi mereka, yakni pimpinan GP Ansor dari tingkat pusat hingga ranting.

NU Online

"Saya berbicara dengan landasan jelas. Peraturan organisasi memang demikian. Jika mau bergerak, Banser harus melakukan konsultasi dengan pimpinan Pemuda Ansor. Tidak boleh dan tidak ada dasarnya pimpinan Banser dari tingkat pusat (Satkornas) hingga ranting (Satrkorpok) memberi instruksi, menggunakan amanah yang diberikan kepadanya untuk bergerak tanpa ada rekomendasi dari pimpinan Pemuda Ansor," tegas Tatang.

Karena itu, kata dia melanjutkan, jika ada Banser yang bergerak, misalnya mengedarkan proposal tanpa sepengetahuan pimpinan Pemuda Ansor di masing-masing tingkatan selaku panglima tertingggi mereka, jelas sangat tidak dibenarkan.

"Itu jelas menyalahi aturan, sekali lagi, Banser harus konsultasi dengan pimpinan Ansor. Jika ada yang melakukan hal semacam itu harus diberi peringatan tegas," kata dia lagi.

NU Online

Dalam pidato hari lahir Ansor ke-82, 24 April 2016, Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, GP Ansor tidak akan memunggungi laut. Karena itu GP Ansor membentuk Banser Maritim. Ansor juga berkomitmen berkontribusi menyehatkan bangsa dengan membentuk Banser Husada.

Dua kesatuan Banser tersebut akan melengkapi kesatuan-kesatuan yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, dibentuk pula Badan Ansor Anti Narkoba.

"Kebermanfaatan Banser untuk masyarakat dan negara sejalan dengan arahan dan komitmen pimpinan pusat. Banser di Lampung juga harus melakukan itu," pungkas Tatang. (Agus Nurhadi/Mahbib)

Dari (Daerah) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/68983/banser-wajib-berkiprah-untuk-masyarakat

NU Online

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock