Kamis, 11 Desember 2008

PBNU Dukung Optimalisasi Peran GAM, Asal dalam Koridor NKRI

Jakarta, NU Online. Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi mengungkapkan bahwa dimungkinkan pemberian konsesi kepada GAM secara optimal asal tidak melewati garis NKRI. Kalau yang diinginkan pemisahan, tak pernah ada negara yang memberikan haknya kepada separatisme, tak akan pernah ada dimanapun, tandasnya seusai membuka Kongres ke XIII Fatayat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Selanjutnya Hasyim menyatakan bahwa jika memang disepakati adanya perdamian antara kedua belah fihak, maka semua anggota GAM direhabilitasi haknya sebagai warga Negara. Ini lebih menguntungkan GAM daripada melawan terus. Pimpinannya di LN juga belum tentu mau bertanggung jawab, imbuhnya.

NU menyatakan kesiapannya untuk membantu pemulihan kondisi jika kesepakatan itu disetujui oleh kedua belah fihak. Saya sudah berkali-kali ke Aceh menghimbau, jadi warga negara RI kembali, dipulihkan hak-haknya, nanti NU juga akan bantu pemulihannya jika terjadi kesepakatan perdamian antara Jakarta dan GAM, tegasnya

PBNU Dukung Optimalisasi Peran GAM, Asal dalam Koridor NKRI (Sumber Gambar : Nu Online)
PBNU Dukung Optimalisasi Peran GAM, Asal dalam Koridor NKRI (Sumber Gambar : Nu Online)


PBNU Dukung Optimalisasi Peran GAM, Asal dalam Koridor NKRI

Ditandaskannya bahwa daripada berkelahi, lebih baik Aceh dibangun secara bersama-sama. Kalau ada konflik bersenjata, yang rugi umat Islam sendiri, tegasnya.

Jika kesepakatan perdamaian itu sudah tercipta dimungkinkan juga bagi mantan anggota GAM untuk mencalonkan diri dalam pemilihan gubernur atau jabatan politik lainnya. Namun semuanya harus mengikuti prosedur perundangan yang ada.

Pengasuh Ponpes Mahasiswa Al Hikam Malang tersebut mengakui banyak fihak menilai perundingan informal yang saat ini berjalan terkesan bertele-tele. Namun karena statusnya masih informal, nantinya harus menunggu diformalkan. Ini merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pengkondisian.

NU Online

Hasyim meminta agar pemerintah tidak melakukan internasionalisasi masalah karena akan semakin menambah berat beban yang harus ditanggung akibat keterlibatan fihak asing. Jika sekedar tempat saja, sifatnya masih fakultatif tetapi jika sampai masuk masalah substansi tidak boleh karena ini merupakan urusan internal RI, tegasnya.(mkf)

Dari (Warta) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/3244/pbnu-dukung-optimalisasi-peran-gam-asal-dalam-koridor-nkri

NU Online

NU Online

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock