Rabu, 31 Oktober 2012

Banyak Parpol Berkepentingan, NU Dituntut Istiqamah

Jakarta, NU Online. Katib Aam PBNU KH Malik Madani mengingatkan, jumlah massa yang besar membuat NU selayak gadis cantik yang selalu diperebutkan banyak partai politik (parpol) untuk mendukung kepentingan mereka. Apalagi, kini mendekati musim pemilu 2014.

Nah, di sinilah NU dituntut untuk konsisten, istiqamah dengan jati dirinya, bahwa NU adalah sebuah jamiyah diniyah ijtimaiyah, sebagai ormas sosial keagamaan, tuturnya di Jakarta, Senin (4/10).

Banyak Parpol Berkepentingan, NU Dituntut Istiqamah (Sumber Gambar : Nu Online)
Banyak Parpol Berkepentingan, NU Dituntut Istiqamah (Sumber Gambar : Nu Online)


Banyak Parpol Berkepentingan, NU Dituntut Istiqamah

Sebagai ormas, NU mengemban tanggung jawab untuk fokus pada kerja-kerja sosial, seperti pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan dakwah Islam yang membawa kasih sayang bagi semua. Karena organisasi kemasyarakatan melakukan kerja-kerja sosial, dan menjauhi kerja-kerja politis, kata Kiai Malik.

NU Online

Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menegaskan, kalaupun NU mesti terlibat secara politik maka tempatnya bukan pada level politik perebutan kekuasaan, melainkan lebih jauh dari itu.

Politik yang dimainkan oleh NU adalah hight politic, politik tingkat tinggi, siyasah samiyah, siyayah aliyah, yakni politik kebangsaan, politik kerakyatan, dan etika berpolitik, paparnya merujuk imbauan Rais Aam PBNU KH MA Sahal Mahfudh pada rapat pleno PBNU di Wonosobo, Jawa Tengah, September lalu.

NU Online

Kiai Malik menjelaskan, politik tingkat tinggi yang dimaksud adalah seperti politik menjaga kebhinnekaan dan keutuhan NKRI, membela rakyat dari ketertindasan, serta memberi pencerahan kepada umat tentang cara berpolitik yang bersih.

Dia mengaku prihatin dengan sistem pemilukada yang berkembang sekarang. Cara berdemokrasi yang menggntungkan pada jumlah massa semacam ini, menurut dia, membuka peluang calon anggota legislatif, bupati, dan gubernur mempraktikkan suap untuk meraup dukungan.

Dan besarnya massa NU ini cukup rawan untuk dimanfaatkan, dipermainkan pihak lain, ujarnya. (Mahbib Khoiron)

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/48029/banyak-parpol-berkepentingan-nu-dituntut-istiqamah

NU Online

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock