Jumat, 25 Juli 2014

Charaka Malam, Ujian Mental-Fisik Khas Banser di Jember

Jember, NU Online. Dalam sejarahnya, Banser mempunyai peran penting saat menghadapi persoalan terkait dengan "kekerasan" yang dihadapi NU. Karenanya Banser harus dibekali dengan latihan khusus. Rekrutmennya juga harus selektif. Calon anggota Banser harus mendapatkan pelatihan fisik sedemikain rupa, di samping penanaman nilai-niai Ahlussnnah wal Jamaah (Aswaja).

Inilah yang tercermin dalam Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser angkatan Ke-XXVII yang berakhir awal pekan ini di lapangan PT Kaliandra Concern, Perkebunan Karet dan Kopi Kalijompo, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Jember.

Charaka Malam, Ujian Mental-Fisik Khas Banser di Jember (Sumber Gambar : Nu Online)
Charaka Malam, Ujian Mental-Fisik Khas Banser di Jember (Sumber Gambar : Nu Online)


Charaka Malam, Ujian Mental-Fisik Khas Banser di Jember

Salah satu acara penggemblengan fisik dalam Diklatsar yang berlangsung dua hari itu adalah Charaka Malam, ujian pengambilan baret. Semua peserta Dikalatsar diwajibkan menempuh perjalanan yang sangat menantang untuk mendapatkan baret Banser.

"Charaka Malam menjadi sesi penutup. Tapi ini paling berat. Pengemblengan fisik dan mental semalam suntuk," jelas Sekretaris GP Ansor Jember Kholidi Zaini kepada NU Online di Kantor GP Ansor Jember, Jumat (16/9).

NU Online

Untuk sesi pengambilan baret, peserta sebanyak 316 orang dibagi dalam 27 regu. Masing-masing regu dilepas pada jam yang berbeda. Dengan memakai pakaian para militer khas Banser, dengan muka yang dicat hitam, mereka menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer. Pimpinan regu memegang bendera Banser.

NU Online

Regu pertama diberangkatkan pada pukul 21.00 WIB. Sekian menit kemudian, dilepas regu kedua dan seterusnya. Ini dimaksudkan agar setiap regu bisa lebih mandiri dalam menghayati perjalanan sekaligus beruji nyali terhadap rintangan yang terjadi di lapangan atau cobaan-cobaan yang diciptakan panitia Diklatsar.

Di tengah malam gulita, mereka harus turun ngarai, naik tebing, menyeberang sungai, melalui jalan yang belum ditempuh. "Dari keseluruhan peserta, lima orang cedera. Namun masih bisa menyelesaikan perjalanan," lanjut Kholidi.

Di acara penutupan Diklatsar diumumkan tiga kategori yang mendapatkan trofi penghargaan. Peserta terjauh berasal dari Provinsi Bali. Mereka berjumlah 15 orang. Sedangkan peserta terbanyak berasal dari PAC Ambulu sekira 26 orang. Peserta kategori terbaik jatuh ke tangan Abdul Halim (dari Bali).

"Sahabat Abdul Halim sejak awal memang kurang fit, tapi tetap ikut dengan semangat hingga selesai," jelas Kholidi. (Aryudi A Razaq/Alhafiz K)

Dari (Daerah) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/71249/charaka-malam-ujian-mental-fisik-khas-banser-di-jember

Kami bukan situs resmi NU, tapi kami sejalan dengan Nahdlatul Ulama yang menciptakan masyarakat dunia maya yang ngadem-ngademi dan tidak profokatif..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs NU Online sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik NU Online. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan NU Online dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock